Kamis, 13 Desember 2012

Belajar JavaScript Statement

Kita telah mempelajari di mana kita bisa meletakkan kode javascript dalam materi belajar javascript sebelumnya. Materi belajar javascript kali ini adalah tentang Javascript Statement.
Dalam dunia pemrograman, statement adalah pernyataan yang dituliskan berupa kode-kode yang dikenal oleh komputer sesuai aturan bahasa pemrograman yang bersangkutan agar dapat diesekusi dengan benar oleh sistem.
Tidak seperti HTML, dalam penulisan javscript statement ini bersifat case-sensitive yang artinya huruf besar/capital berbeda dengan huruf kecil/lowercase, jadi disarankan anda untuk lebih berhati-hati dalam penulisan command, variable, obyek dan fungsi.
Berikut ini adalah contoh javascript statement, penulisan “Belajar Javascript” pada sebuah web :
?
1
document.write("Belajar Javascript");
Normal-normal saja untuk menambahkan titik koma pada tiap akhir statement, dan kebanyakan orang berpikir bahwa itu adalah baik padahal sebenarnya “titik koma” adalah opsional. Kenapa kebanyakan programmer menggunakan titik koma karena menggunakan titik koma memungkinkan untuk menulis beberapa laporan pada satu baris.
Kode Javascript
Kode Javascript adalah urutan dari pernyataan yang nantinya akan dieksekusi oleh browser sesuai dengan urutan yang ditulis. Perhatikan contoh dibawah ini, penulisan judul dan 2 paragraf
1
2
3
4
5
6
7
8
9
<script type="text/javascript">
document.write("<h1>Ini Judul</h1>");
document.write("<p>Ini Paragfar.</p>");
document.write("<p>Ini paragraph yang lain.</p>");
</script>
Javascript Block
Seperti halnya CSS, Javascript statement juga dikelompokkan dalam beberapa block. Block dimulai dengan kurung kurawal kiri “{“ dan diakhiri dengan kurung kurawal kanan “}” .
Tujuan dibuat block adalah agar dalam pengekesekusian urutan dilakukan secara bersama. Seperti contoh dibawah ini penulisan judul dan 2 paragraf menggunakan block.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
<script type="text/javascript">
{
document.write("<h1>Ini Judul</h1>");
document.write("<p>Ini Paragfar.</p>");
document.write("<p>Ini paragraph yang lain.</p>");
}
</script>
Javascript Statement di atas hanya menunjukkan penggunaan block. Biasanya Block digunakan untuk kelompok Javascript statement dalam sebuah fungsi (function ) dan kondisi(condition) dimana sekelompok Javascript statement itu harus dieksekusi. Nah, bagaimana functions dan condition digunakan dalam javascript? Kita akan membahasnya dalam materi belajar javascript berikutnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar